Tentang Praktek Kerja Lapangan | SMK Negeri 1 Pagelaran

PENGERTIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.


MAKSUD & TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) SMKN 1 PAGELARAN

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan ( PKL ),Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

 Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan .Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) antaralain :

  1. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
  2. Menumbuhkan & meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha,
  3. Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya,
  4. Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

DASAR HUKUM PKL SMKN 1 PAGELARAN

  1. GBHN tahun 1993;
  2. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab IV ,Pasal 10 (1);
  3. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab VIII, Pasal 33;
  4. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab XII Pasal 47 (1);
  5. Peraturan Pemerintah No.29, Bab XI, Pasal 29 (1);
  6. Peraturan Pemerintah No.39, Bab III, Pasal 4 (8);
  7. Peraturan Pemerintah No.39, Bab VI, Pasal 8 (2);
  8. Peraturan Pemerintah No.39, Bab VI, Pasal 10 ;
  9. Peraturan Pemerintah No.29, Bab XIII, Pasal 32 (2);
  10. Kep. Mendikbud No. 0490/U/1992, Pasal 33;
  11.  Kep. Mendikbud No.080/U/1993.
  • June 5, 2021